Gempa Bumi 12 Juni 2017 Guncang Sukabumi dan Bogor


Gempa Bumi Sukabumi

Gempa Bumi Sukabumi

Gempa bumi tektonik 6,3 SR terjadi di laut selatan Jawa atau sekitar 179 km barat daya Kota Sukabumi Jawa Barat, dirasakan di beberapa kota besar Sukabumi, Kabupaten Bogor, Jakarta, Bandung, dan Cianjur.

Hari Senin, 12 Juni 2017, 06:15:07 WIB dengan kekuatan M 6.3, Kedalaman : 10 km. Namun demikian telah dilakukan pemutakhiran Parameter gempabumi menjadi Senin, 12 Juni 2017, 06:15:07 WIB dengan Kekuatan : Mw 5.7 Kedalaman : 43 km.

Gempabumi berpusat di laut 179 Km Baratdaya Kota Sukabumi, Jawa Barat. Berdasarkan hasil analisis terbaru, gempabumi ini berpusat di laut dan kekuatannya tidak cukup besar untuk dapat memicu terjadinya tsunami.

Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Di Bandung getaran gempa terasa cukup kuat dengan durasi waktu 3 sampai 5 detik. Di Bogor, gempa juga sangat kuat dan membuat sebagian warga keluar dari rumah.

Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, menjelaskan, Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa ke beberapa BPBD. Dilaporkan gempa dirasakan di beberapa daerah meliputi:

– Gempa dirasakan cukup kuat/keras di Kota Sukabumi selama 5-6 detik. Sebagian masyarakat keluar rumah tetapi tidak menimbulkan kepanikan.
– Gempa dirasakan cukup keras selama 3-5 detik di Kabupaten Bogor. Sebagian masyarakat keluar rumah.
– Gempa dirasakan lemah selama 3 detik Jakarta. Masyarakat yang tinggal di gedung bertingkat merasakan guncangan dengan intensitas sedang. Lampu bergoyang dan perabotan rumah bergetar.
– Gempa dirasakan cukup kuat di Bandung selama 3-5 detik. Meja terasa bergetar. Sebagian masyarakat keluar rumah.
– Gempa dirasakan cukup keras di Kabupaten Sukabumi selama 5 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah.
– Gempa juga dirasakan lemah hingga sedang oleh masyarakat di Cianjur, Bekasi, Depok, Kota Bogor, Garut, Kabupaten Bandung.

“Gempa bumi dengan kekuatan 6,3 SR dengan epicentrum di Samudera Hindia tepatnya 179 km barat daya Kota Sukabumi atau 226 km barat daya Bandung atau 253 km barat daya Jakarta pada pukul 06.15 Wib. Pusat gempa pada kedalaman 10 km,” ujar Sutopo dalam pesan singkatnya, Senin (12/5/2017).

Dia menduga gempa tidak menimbulkan kerusakan bangunan dan korban jiwa. Guncangan gempa hanya dirasakan namun tidak merusak.

“Umumnya bangunan akan rusak atau roboh jika menerima gempa dirasakan di atas VI MMI (skala satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi),” ucapnya.

loading...



Gempa Bumi 12 Juni 2017 Guncang Sukabumi dan Bogor

www sut ke gala dijain com, sut ki dejain com, sut ki dijain photo, sut ke gale ke dijain, gempa bumi 2017, video blue, pilo kabar dijain ke, gale ke dijain, Kutu laut, sut ki dijain ghr ka nuksa, berita hot hari ini, gempa agustus sumatra, daftar grab bike bandung, blubarat, pesbuker tanpa ayu, gempa2017, sut ke gale djain, gempa padang terbaru 2017, gempa padang agustus 2017, download aplikasi grabe bandung